Proyek Linux sejati Debian dengan bangga mengumumkan terbitnya rilis resmi dari Debian GNU/Linux versi 4.0 dengan nama kode “etch”, setelah ia menjalani lebih dari 21 bulan pengembangan yang berkesinambungan. Demikian siaran pers yang disebarluaskan tim pemasyarakatan Debian sejak 08 April 2007. Debian GNU/Linux adalah sistem operasi bebas yang mendukung tidak kurang dari sebelas arsitektur, termasuk dukungan untuk lingkungan desktop KDE, GNOME dan Xfce. Ia juga mengemas fitur sandi berikut ‘cryptographic software’ dan memiliki kompatibilitas dengan FHS v2.3, termasuk pengembangan software berdasarkan standarisasi LSB versi 3.1.

Menggunakan proses instalasi yang kini terintegrasi sepenuhnya, Debian GNU/Linux 4.0 menyediakan dukungan out-of-the-box untuk ‘encrypted partitions.’ Rilis ini memperkenalkan sebuah ‘graphical frontend’ hasil pengembangan terkini untuk sistem instalasi yang mendukung scripts mengunakan ‘composed characters’ dan bahasa kompleks. Sistem instalasi yang digunakan Debian GNU/Linux telah diterjemahkan ke 58 bahasa. Sistem pengelola paket (package management system) telah ditingkatkan sejak versi Debian GNU/Linux 4.0 dalam hal keamanan dan efisiensi. Secure APT memungkinkan verifikasi terhadap integritas dari paket-paket yang diunduh dari server cermin. Paket yang diunduh tidak lagi secara keseluruhan, melainkan hanya porsi perbedaan terhadap versi sebelumnya dengan ukuran file yang lebih kecil.

Debian GNU/Linux dapat dijalankan di komputer-komputer mulai dari sistem palmtops dan handheld sampai dengan komputer super dan nyaris di semua sistem yang ada diantara kedua ekstrim tersebut. Sebelas arsitektur yang didukung termasuk Sun SPARC (sparc), HP Alpha (alpha), Motorola/IBM PowerPC (powerpc), Intel IA-32 (i386) dan IA-64 (ia64), HP PA-RISC (hppa), MIPS (mips, mipsel), ARM (arm), IBM S/390 (s390) dan kini secara resmi diperkenalkan dukungan Debian GNU/Linux 4.0 terhadap AMD64 seperti juga untuk Intel EM64T (amd64). Debian GNU/Linux dapat diinstalasi dari aneka media seperti DVDs, CDs, USB sticks dan disket, atau melalui jaringan (netinstall). GNOME merupakan lingkungan desktop terpasang by default direkam di CD pertama, sementara K Desktop Environment (KDE) dan Xfce desktop dapat diinstalasi dari dua CD alternatif. Kini tersedia bersama Debian GNU/Linux 4.0 baik dalam CDs maupun DVDs multi-arch yang mendukung instalasi untuk beragam arsitektur dari sebuah cakram tunggal. Rilis ini mengemas paket-paket software yang diaktualisasi termasuk K Desktop Environment 3.5 (KDE), versi 2.14 dari lingkungan desktop GNOME, Xfce 4.4, GNUstep desktop 5.2, X.Org 7.1, OpenOffice.org 2.0.4a, GIMP 2.2.13, Iceweasel (versi Mozilla Firefox 2.0.0.3 yang diganti namanya), Icedove (untuk versi Mozilla Thunderbird 1.5), Iceape (untuk versi Mozilla Seamonkey 1.0.8), PostgreSQL 8.1.8, MySQL 5.0.32, GNU Compiler Collection 4.1.1, Linux kernel versi 2.6.18, Apache 2.2.3, Samba 3.0.24, Python 2.4.4 and 2.5, Perl 5.8.8, PHP 4.4.4 and 5.2.0, Asterisk 1.2.13, dan lebih dari 18 ribu paket-paket software siap pakai lainnya. Upgrade ke Debian GNU/Linux 4.0 dari rilis sebelumnya yaitu Debian GNU/Linux 3.1 dengan nama “sarge”, dilaksanakan secara otomatis oleh perkakasan ‘aptitude package management tool’ untuk segala konfigurasi pada umumnya, dan dalam hal tertentu juga dengan perkakasan ‘apt-get package management tool.’ Sebagaimana telah dikenal luas, sistem Debian GNU/Linux senantiasa dapat di upgrade tanpa masalah, dijalankan tanpa downtime, namun sangat disarankan agar membaca petunjuk ‘release notes’ guna mengetahui kasus dan isu yang tidak boleh diabaikan. Untuk itu silakan menyimak panduan yang lebih rinci tentang instalasi dan upgrade dari release notes yang diterbitkan Debian GNU/Linux di http://www.debian.org/releases/etch/releasenotes