Sejak jaman kuliah S1 yang pada saat itu ada 3 operator seluler yang terkenal di Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat dan XL aku sudah mencoba menggunakan teknologi selular ini walaupun pada saat itu ponsel yang ada cukup berukuran besar dan boros batre dan pada saat itu yang namanya kartu perdana dari operator-operator terkenal itu amit-amit mahalnya, bahkan saya membeli perdana yang namanya telkomsel seharga ponsel multimedia sekarang.

R310s

Ponsel yang pertama aku miliki adalah ponselnya para pendaki gunung yangmemiliki kekuatan tahan banting dan anti ai, ponsel ini adalah R310s dan ponesl ini merupakan ponsel keluaran Ericsson sebelum bergabung dengan sony, ponesl ini memiliki slogan “The R310 is a water, dust and shock resistant GSM 900/1800 mobile phone with a futuristic design”. walaupun ukurannya besar tetapi ponsel ini cukup kuat sekali dalam hal pemakaian batre bisa tahan 3 hari lebih, yang pada saat itu 3 hari lebih sudah cukup baik untuk sebuah ponsel. yang menarik dari ponsel ini adalah bentuknya yang mirip seperti ikan hiu wuih keren pokonya.

nokia 3330

Ponsel ku yang kedua adalah ponsel nokia sejuta umat yaitu ponsel Nokia 3330, ponsel ini ponsel pertama aku yang sudah memiliki teknologi WAP dimana kita dapat mendownload ringtone dan menggunakan browser yang masih dengan perhitungan waktu akses dan cukup mahal juga, aku memilih ponsel ini karena ada games berupa snake yang lumayan diaminkan diwaktu senggang.

Ponsel ku yang ketiga inilah SL45i yang paling aku cintai karena ponsel multimedia pertama yang aku miliki karena memiliki teknologi pemutar lagu Mp3, dan suaranya itu sangat halus dan lembut, ya kalau sekarang sekualitas Ipod, walaupun aku membeli ponsel ini dengan segenap tabungan ku yang ada pada saat itu, karena harga dari ponsel ini setingkat dengan harga berteknologi HSDPA pada saat sekarang ini, dan yang paling hebat lagi ponsel ini sudah dilengkapi dengan teknologi java.

Ponsel ku yang keempat SE Z600 adalah ponsel games pertama yang aku miliki, walaupun tidak membeli paket dengan gampad tapi dengan ponsel ini cukup puas untuk bermain games di ponsel java, sekan-akan memiliki pc game di ponsel

Ponsel yang kelima ku adalah Alcatel OT-535, ini adalah ponsel berteknologi GPRS pertama yang aku miliki, selain itu juga ponsel ini sudah menggunakan teknologi AMR dalam hal rintoone ya bisa dikatakan true rington, tapi yang paling aku sukai dari ponsel ini adalah dia telah menemaniku untuk menggunakan akses internet mulai dari teknologi Im3 yang pada saat itu gratis dan sempat menggunakannya selama 6 bulan, disambung menggunakan teknologi GPRS matrix yang saat itu hanya Rp 25.ooo sebulan dan unlimited akses sampe tembus ke angka Rp 200.000 tarif GPRS matrix ponsel ini masih setia menemaniku berinternetan ria. Yang hebatnya lagi dari ponsel ini adalah teknologi GPRS class 10 yang pada saat itu akses tercepat menggunakan GPRS.

karena rasa cintaku yang besar dan akibat keracunan dari sodara Eko senior ku ketika aku kuliah di UNPAD, mulai dari sat itulah mengkoleksi ponsel bermerk Alcatel, dan ponsel-ponsel itu adalah OT-756 ponsel perekam video, OT-735 ponsel camera yang berfasilitas sama dengan OT-535, OT-715 menurutkun ponsel laki banget dan ponsel folder pertama OT-835

Setelah mengkoleksi ponsel bermerk Alcatel mulai lagi deh keranjingan yang namanya koleksi ponsel, bak kolektor yang keranjingan mengkoleksi ponsel sederetan ponsel yang ada mulai memenuhi lemari koleksiku mulai dari Simens SX-1, Samsung SGH T-200, Simens SL-45i, Nokia 3315, Nokia Ngage, SE J210, SE T100, Samsung C230, Samsung C21o,Motorola e398, Motorola Rokr1 yang akhirnya setelah mengkoleksi semua ponsel itu awal dari aku merinitis bisnis di dunia ponsel dengan membuka toko ponsel BAROKAH Cel.

Dan Ponsel GSM yang terakhir aku beli adalah SE K618 i ponsel dengan teknologi 3G yang aku miliki pada saat ini, rencannya sih mau menambah koleksi lagi dengan membeli ponsel dengan teknologi HSDPA tapi keburu sudah membeli modem khusus HSDPA sierra 875 yang tadinya mau membeli jadi tidak jadi.