Bojong Salawe 1Jalan-jalan menikmati alam dengan tujuan adalah Pantai Bojong Salawe yang terdapat di desa Parigi Kabupaten Ciamis sungguh menyenangkan, walaupun keadaan alam yang sekarang sudah tidak alami seperti dulu lagi karena terkena bencana Tsunami tetapi tempat ini cukup memuaskan juga untuk melepas kepengatan setelah berkutat dengan Rutinitas sehari-hari.

Pantai ini disebut pantai Bojong Salawe karena tempatnya didaerah dusun Bojong Salawe, yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Bojong Salawe 2Tempat dua lima alah jadi aneh juga kedengarannya jadi mendingan tidak diterjemahkan saja bikin pusing saja.

Di pantai ini tidak terdapat pohon bakau tetapi banyak ditumbuhi pohon Dahon bahan baku untuk membuat atap dari daun dahon, dan daerah nyapun biasa disebut Kedung Dahon, entahlah apa nama lain dari dahin pada Bahasa Indonesianya.

Pada pohon dahon ini ternyata selain daunnya bermanfaat untuk dibuat atap oleh masyarakat Bojong Salawe 3pedesaan ternyata menghasilkan buah juga yang rasanya tidak kalah dari kelapa muda, mungkin bentuknya yang kecil seperti sawit yang membuat buah dahon ini kurang diminati, tetapi rasanya tidak kalah jikalau dibandingkan dengan kelapa muda.

Di pantai Bojong Salawe ini masih terdapat sistem penangkapan ikan atau pun hasil laut dengan sistem tradisional dimana ditempatkan sebuah gubuk yang dilengkapi dengan sistem saringan yang cukup besar yang kata penduduk setempat biasa dikatanan manco , biasanya penangkapan ikan dilakukan dimalam hari Bojong Salawe 4supaya udara tidak terlalu panas.

Semua peralatan pun di buat dengan sederhana mulai dari atap yang tebuat dari pohon dahon tadi dan tiang-tiang penyanggapun menggunakan bambu, tetapi tidak bisa berkesempatan untuk mencoba tempat penangkapan hasil laut ini karena biasanya beropasi pada malam hari akhirnya memutuskan untuk melihat-lihat saja.

CrewAdapun Crew jalan-jalan ini selain ibu-ibu dan para anak kecil yang sedang menikmati liburan juga seorang tukang perahu yang cukup sabar memandu kami dalam menikmati alam pantai Bojong Salawe ini.

Waktu yang ditempuh untuk berputar-putar dan meilihat-lihat pantai ini cukup lama juga kisaran 1 sampai 2 jam, diterik panasnya sinar mentari dengan waktu yang cukup lama cukup untuk menbuat para crew puas dan tidak bisa terhindarkan juga dari terbakarnya oleh sinar matahari dan membuat tangan dan muka coklat, lumayan juga seperti menikmati musim panas walaupun sih katanya sudah masuk musim penghujan.

Tempat jalan-jalan ini sebagai tempat alternatif selain objek wisata yang terkenal seperti Pantai Pangandaran, Batukaras, Batu hiu, karang Tirta, karang nini yang terdapat di daerah Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat.