Mungkin saudara-saudara kita ada yang melaksanakan solat Id pada hari ini karena mingikuti keyakinan bahwa wukuf di Arafah telah dilaksanakan pada hari kemaren, karena saya terus terang saja kurang ilmu saya hanya bisa mengikuti apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah bahwa hari esok mengikuti solat Id berasama-sama mengikuti waktu yang ditetapkan oleh pemerintah, mudah-mudahan perbedaan ini tidak menjadikan kita sebagai perpecahan tapi malah menjadikan agar kita dapat menghargai keyakinan dari orang lain dan dapat menghargai pendapat dari perbedaan tersebut.
Yang membuat aga sedikit bingung adalah shaum Arafah neh, mana yang harus saya ikuti apakah saya harus berpuasa pada hari ini karena pemerintah telah mentapkan bahwa tanggal 10 Dzulhijah adalah hari esok yaitu tanggal 20 Desember 2008 tetapi wukuf di Arafah telah dilaksanakan pada hari kemaren , dan yang membuat bigung adalah jikalau saya berpuasa pada hari kemaren tapi mengikuti salat Id pada hari esok apa tidak dikatakan ngga konsisten maklumlah kekurangan ilmu euy, tapi apabila saya berpuasa hari ini sedangkan wukuf di Arafah telah dilaksanakan hari kemaren waduh bingung juga neh (beginilah nasib orang yang keterbatasan ilmu) ujung-ujungnnya ya jadi bingung.

Selamat Idul Adha mudah-mudahan kita menjadi hamba-hamba Allah yang mau berserah diri dan berkurban, Amin